Pembuatan Pot Bunga Ecobrick di Pantai Biru Desa Telaga Biru oleh Mahasiswa UTM

 

Mahasiswa UTM Lakukan Pembuatan Pot Bunga Ecobrick di Pantai Biru Desa Telaga Biru




 Kelompok 5  KKNT Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjalankan Program Kerja tahun 2022 untuk pengelolaan sampah limbah plastik dengan mengubahnya menjadi ecobrick. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan


“Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang tidak terkelola dengan baik di Wisata Religi Pantai Sarimuna di Desa Telaga Biru, melihat permasalahan itu, kami menawarkan inovasi dan solusi Ecobrick guna membersihkan dan melestarikan area sekitar pantai,” jelas Ketua pengabdian masyarakat kelompok 5 Ali Ghufron pada Sabtu (31/12/2022).

Ketua Tim pengabdian masyarakat kelompok 5  menambahkan bahwa latar belakang lain dari pengabdian ini adalah belum adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan mengurangi pengunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini dibuktikan, dengan masih adanya sampah plastik disekitar pantai yang mencemari air laut.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota kelompok 5 pengabdian masyarakat UTM, Kegiatan dilakukan secara luring diawali pengumpulan sampah yang bertempat di wisata religi pantai Sarimuna telaga biru kemudian pembuatan pot bunga yang bertempat di pantai biru.

Dengan adanya pelaksanaan program ini diharapkan kegiatan ini tidak hanya bermitra dengan tim kelompok 5 pengabdian masyarakat UTM. Namun, dapat lebih menjangkau masyarakat yang lebih luas misalnya generasi muda yang aktif di sosial media. Agar semakin sadar akan pentingnya mengelola sampah plastik dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar