Kepala Desa Telaga Biru bekerja sama dengan Mahasiswa KKN untuk membangun hidroponik

Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengembangkan hidroponik di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Tim KKN UTM periode 2022 ini berfokus pada pengembangan hidroponik sebagai langkah pengembangan urban farming.


Ketua Tim KKN UTM Desa Telaga Biru, Ali Gufron menjelaskan, timnya mengusung tema peningkatan ketahanan pangan. Menurutnya, dilihat dari daerah yang cukup padat dengan penduduk, pengembangan hidroponik dapat dijadikan solusi pengembangan pertanian. Pengembangan hidroponik yang dilakukan menggunakan instalasi DFT (Deep Flow Technique).

“Pengembangan hidroponik menghasilkan tanaman dengan kualitas yang baik dan pertumbuhan yang cepat. Hidroponik menjadi solusi pemenuhan kebutuhan sayuran rumah tangga daerah perkotaan dan mempersingkat waktu pendistribusian pertanian. Semakin pendeknya waktu distribusi pangan, akan semakin baik kandungan gizi yang dimiliki,”

Urban farming dapat dijalankan dengan pertanian organik, tanpa pestisida untuk mengusir hama. Apabila dilakukan pada skala rumah tangga pemantauan kesehatan dan tanaman hingga keterjaminan mutu hingga pengolahan dapat dipastikan sendiri. “Tak hanya berdampak pada kondisi lingkungan dan kesehatan, pengembangan hidroponik dapat berdampak terhadap ekonomi,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar