Praktik Produk Unggulan Di Desa Telaga Biru " SATONG" Sambel Tongkol

Proses mengembang potensi unggulan dari desa, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pelatihan pembuatan sambel tongkol yang terbuat dari bahan dasar ikan tongkol di desa Telaga Biru, tanjung Bumi, Minggu (29/12/2019).


Potensi unggulan desa yaitu ikan tongkol dari hasil tangkapan para nelayan di desa Telaga Biru yang sebagian berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan tersebut kemudian dijual di pasar desa. Karena banyaknya hasil tangkapan nelayan tersebut. Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif  untuk menjadikannya suatu produk unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. 

Sambel Tongkol yang sudah siap saji ini dinamakan Satong, singkatan dari Sambel Tongkol. Pelatihan pembuatan sambel tongkol inidi peruntukkan untuk seluruh warga desa Telaga Biru khususnya ibu rumah tangga. Warga desa terutama ibu-ibu PKK desa sangat antusias dalam menghadiri pelatihan tersebut. 


Selain pelatihan cara membuat sambel, ibu-ibu juga diberikan wawasan bagaimana cara mengemas yang menarik dan agar bertahan lama dan cara memasarkan lewat media social. 
‘’ pelatihan ini berguna sekali buat kita para ibu rumah tangga, dan cara pengemasan agar pengemasan yang unik dan bertahan lama’’, ujar Salah Satu Ibu PPK Desa Telaga Biru 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar