Pembuatan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA)


Membuang sampah sembarangan merupakan salah satu penyakit yang ada di Indonesia, bahkan bisa dibilang hal itu sudah merupakan kebiasaan yang susah dihilangkan. Ketika sudah ada tempat yang memang di khususkan untuk pembuangan sampah, tapi setelah tempat pembuangan tersebut sudah penuh dengan sampah dan tidak ada yang membakar atau pun yang mengelolah mungkin bisa di bayangkan apa yang terjadi selanjutnya...????

Kasus ini terjadi di desaTelaga Biru kec. Tanjungbumi. Dimana terdapat lubang besar yang berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah, namun tidak ada yang mengolahnya setalah itu. Sehingga ketika lubang penampung sampah tersebut sudah penuh, menjadikan sampah-sampah menjadi berserakan ke sekitar laut.

Pada kesempatan ini kelompok KKN 15 Universitas Trunojoyo Madura mempunyai inisiatif untuk membuat fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebagai salah satu program kerja utama yang di lakukan pada hari minggu tanggal 31 juli 2016.


Selama persiapan untuk pembuatan TPA, kami sempat bingung hendak memulai dari mana untuk memulai membersihkan sampah-sampah di sekitar laut dan lokasi buat TPA, karena saking banyaknya sampah yang berserakan dan bahkan sudah menyatu dengan pasir sehingga bakal susah banget buat membersihkannya jika tidak menggunakan alat/mesin. Akan tetapi hal tersebut bisa teratasi berkat kekompakan kerja antar teman-teman K KN dengan warga setempat. mulai dari proses pembakaran sampah, pencarian perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat TPA hingga proses pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar