Mengajar di sekolah


Proses mengajardi sekolah merupakan salah satu program pendukung yang unggul dari sekian banyak program pendukung yang ada. Pada proses mengajar di sekolah ini, teman-teman KKN kelompok 15 mengajar di 5 instansi, yakni SDN Telaga Biru 1, SDN Telaga Biru 2, TK Dharma Wanita, TK Telaga Biru 1, serta MI Hidayatul ‘Ulum.

Di SDN Telaga Biru 1, teman-teman KKN kelompok 15 hanya mengajar di kelas 4 dan kelas 5 saja, karena harus membagi waktu dengan sekolah-sekolah yang lain. Adapun untuk kelas 4, metode pembelajaran yang dipakai adalah metode tematik, sedangkan pada kelas 5 masih menggunakan metode KTSP. Sedangkan di SDN Telaga Biru 2, teman-teman KKN kelompok 15 hanya mengajar kegiatan ekstra-kurikuler saja yang berupa grak-jalan dan pramuka karena hal tersebut merupakan hasil kesepakatan dengan pihak sekolah.

Pada TK Dharma Wanita, mengajar TK kelas 0 Kecil dan 0 Besar, karena memang hanya terdapat 2 kelas disitu. Begitu juga dengan di TK Telaga Biru 1, hanya ada 2 kelas yakni kelas TK-A dan TK-B. akan tetapi TK Telaga Biru 1 memiliki jumlah siswa yang lebih banyak kapasitasnya dalam setiap kelasnya daripada TK Dharma Wanita.

Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul ‘Ulum, bukalah sekolah yang biasanya setara dengan SD (sekolah dasar), akan tetapi MI disini merupakan sekolah TPQ (Taman Pendidikan Quran) yangmana waktu pelaksanaannya adalah siang sampai sore hari.

Inilah berbagai macam kegiatan di sekolah :

SDN Telagabiru 1



Pada kelas 5 ini terdapat 52 siswa-siswi. Kurang kondusif memang jika kita memakai acuan peraturan pendidikan yang benar, karena terlalu banyaknya siswa dalam 1 kelas.


Pada kelas 4 ini, jumlah siswa-siswinya mencapai kisaran 50 an juga.

Ada satu lagi nih dokumentasi saat mereka sedang latihan gerak jalan…


Banyak celetukan, bahwa karakter dari orang pesisir adalah mempunyai watak yang keras. Hal ini terlihat saat mereka latihan grak jalan yang sedikit susah untuk diatur. Namun hal tersebut tidak menjadikan teman-teman KKN ngeluh saat melatih grak jalan, karena ulah dari anak-anak itu bukanlah suatu masalah namun keunikan individu dari anak-anak itu sendiri.

TK Telagabiru 1


Proses mengajar di TK memang menyenangkan, anak-anak kecil sangat menyukai yang namanya menyanyi dan menggambar. 

SDN Telagabiru 2


Di kelas ini, mereka sangat disiplin dan mematuhi perintah dari guru-gurunya. Dengan jumlah murid yang tidak terlalu banyak, kelas ini sangat kondusif selama proses belajar mengajar


Teman-teman KKN seringkali memberikan permainan terhadap adik-adik yang mengikuri pramuka.

TK Telagabiru 2 atau Dharma Wanita


Di TK ini, teman-teman KKN hanya mendampingi dan membantu guru untuk mengkondisikan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar